Sistem merupakan suatu cara tertentu yang dilakukan berulang-ulang untuk melaksanakan sesuatu atau sekelompok aktivitas.
Pengendalian adalah proses penetapan standar agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
· Elemen-elemen Sistem Pengendalian
1. Pelacak (detector), informasi mengenai apa yang sedang terjadi.
2. Penilai (assessor), perbandingan informasi tersebut dengan keadaan yang diinginkan.
3. Effector, melakukan koreksi terhadap perbedaan signifikan antara keadaan aktual dengan keadaan yang diinginkan.
4. Jaringan Komunikasi, perangkat yang meneruskan informasi dari detektor ® assessor ®efector.
Pengendalian Manajemen adalah suatu proses dimana manajer senior (manajemen di setiap tingkatan) memastikan bahwa orang-orang yang diawasinya mengimplementa-sikan strategi yang dimaksudkan.
Sistem Pengendalian Manajemen adalah suatu alat atau cara yang terstruktur yang digunakan oleh manajer untuk memastikan bahaw orang-orang yang diawasinya mengimplementasikan strategi yang dimaksudkan.
ü Perencanaan strategis, proses memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu organisasi dalam rangak implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya yang akan dialokasikan. Keluarannya disebut program.
ü Penyusunan anggaran, perencanaan jangka pendek, selama 1 tahun dalam bentuk moneter.
ü Pelaksanaan, selama 1 tahun, manajer melakukan program/bagian dari program yang menjadi tanggung jawabnya.
ü Evaluasi kinerja dan pelaporan, menilai kinerja manajer pusat pertanggung jawaban berdasarkan efisiensi dan efektivitasnya.
· Perumusan Strategi
v Proses merumuskan tujuan organisasi dan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai tujuan
v Orientasi jangka panjang
v Difokuskan pada proses perencanaan
· Pengendalian Tugas
Ø Proses untuk memastikan bahwa tugas yang telah ditentukan dilaksanakan secara efektif dan efisien
Ø Orientasi jangka pendek
Ø Difokuskan pada proses pengendalian
Ø Perbedaan antara formulasi strategi dan pengendalian manajemen:
o Formulasi strategi adalah proses pengambilan keputusan strategi baru
o Pengendalian manajemen adalah proses implementasi strategi tersebut
o Perbedaan antara pengendalian tugas dan pengendalian manajemen
Pengendalian Manajemen
|
Pengendalian Tugas
|
§ Faktor manusia merupakan faktor penting
§ Antar manajer saling berinteraksi
§ Fokus pada 1 unit organisasi
§ Berhubungan dengan seluruh kegiatan perusahaan
|
§ Faktor manusia merupakan faktor yang sifatnya khusus
§ Interaksi karyawan relatif kecil
§ Fokus pada 1 bagian tugas
§ Berhubungan dengan 1 tugas tertentu
|
® Siapa yang bertanggung jawab atas merancang dan mengoperasikan SDM?
Controller atau CEO?
· Fungsi Kontroler
1. Merancang dan mengoperasikan sistem operasi dan pengendalian
2. Menyiapkan financial statement dan financial report
3. Menyiapkan dan menganalisis performance report
4. Supervisi internal audit dan prosedur pengendalian akuntansi ® validitas informasi
5. Mengembangkan personel dalam fungsi kontroler
Karakteristik pengendalian manajemen yang baik
- Reasonably confident that no major unpleasant surprises will occur; organisasi harus dapat memastikan dengan adanya pengendalian manajemen tidak akan sering terjadi permasalahan besar.
- Still allow for some probability of failure because perfect control does not exist; karena tidak ada pengendalian manajemen yang sempurna maka pasti masih akan ada permasalahan yang timbul, organisasi harus menentukan jumlah ekspektasi mengenai permasalahan yg dapat timbul tersebut.
- Can help attain organization objective
pengendalian manajemen yang baik tentu dapat mempengaruhi perilaku karyawan agar tercapainya tujuan perusahaan.
No comments:
Post a Comment